Minggu, 11 Mei 2014

Gangguan Radang Gusi

"Ini adalah salah satu penyakit di rongga mulut yang banyak dikeluhkan saat ini,” kata drg. Prita Widianti dari RS.Metropolitan Medical Centre, Jakarta.

Penyebab. Biasanya radang gusi terjadi karena adanya penumpukan plak. Plak itu sendiri merupakan lapisan biofilm tipis yang mengandung bakteri dan sisa-sisa makanan. Lapisan ini melekat di gigi dan berwarna putih atau putih kekuningan. Sebenarnya, wajar saja jika ada bakteri di dalam mulut. Ini tak akan menimbulkan masalah jika bakteri dalam jumlah yang seimbang. Hanya, plak yang menumpuk dapat membuat bakteri tumbuh dan berkembang melebihi batasan normalnya. Akibatnya, bakteri akan mulai menyerang isi mulut Anda, termasuk gusi. Ia akan menyebabkan terjadinya iritasi, infeksi, dan peradangan pada gusi.

Memicu penyakit jantung. Saat terjadi peradangan di gusi, gusi akan terlihat bengkak dan mudah berdarah. Perdarahan pada gusi memungkinkan bakteri masuk ke dalam aliran darah. Hal ini dapat memicu terjadinya penyumbatan suplai darah ke jantung dan otak. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mereka yang memiliki gangguan kesehatan pada mulut dan gigi memiliki risiko terhadap penyakit jantung 70% lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki gangguan.

Indikasi diabetes. Radang dan perdarahan gusi juga merupakan indikasi pada diabetes. Gula darah yang tinggi dapat memicu pertumbuhan dan penumpukan plak di gigi. Selanjutnya ini akan meningkatkan perkembangan bakteri dan kuman di dalam rongga mulut. Itulah sebabnya para penderita diabetes lebih rentan mengalami gangguan di dalam rongga mulutnya.

Mencegahnya!
Gula merupakan musuh mulut Anda. Jadi, sebaiknya mulai kurangi konsumsi makanan yang terlalu manis. Selain menyikat gigi secara rutin, lakukan juga flossing gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di gigi. Jika Anda kesulitan membersihkan plak yang melekat, jangan memaksa menyikat gigi kuat-kuat. Ini hanya akan membuat gigi mengalami pengikisan yang berlebihan dan berisiko membuat gusi berdarah. Temui dokter dan minta pada dokter Anda untuk melakukan proses pengangkatan plak.


sumber: http://www.menshealth.co.id/kesehatan/waras/gangguan.radang.gusi/004/003/70

Tidak ada komentar:

Posting Komentar